Rabu, 18 Januari 2017

cara menghubungkan tr sanken

Bagi yang sudah master atau ahli dalam bidang elektronika menggabung transistor final ini saya yakin cukup lah mudah karena memang sudah mengerti cara menyambung dan  cara menggabung nya, tentu juga sudah paham tujuan serta keuntungan baik fungsi dan sistem kerja nya. namun bagi pemula yang berkecimpung dalam bidang elektronika mungkin semua akan menjadi suatu masalah entah itu bingung atau belum tau cara menggabung atau menambah transistor final pada power amplifier.



Lalu apa keuntungan atau tujuan menambah transistor final power amplifier ?'

Menggabung atau menambah transistor final power amplifier dan menyambung nya secara paralel bertujuan untuk menguatkan kapasitas arus listrik transistor dengan menggabung nya secara paralel maka besar nya kemampuan mengalirkan arus listrik transistor akan menjadi lebih kuat 2 kali lipat, dengan demikian maka beban arus listrik pada transistor akan di bebankan secara bersama dan keseluruhan pada transistor.


Lantas bagaimana cara menyambung atau menggabung Sanken, Jengkol, Mosfet pada power amplifier ?'

Untuk menyambung atau menggabung transistor final maka alangkah baik nya ketahui terlebih dahulu nama kaki transistor atau bisa baca cara mengetahui nama kaki transistor. Maka cara menggabung Sanken yaitu dengan menyambung atau menghubungkan antara kaki-kaki transistor baik Basis dengan Basis, Collector dengan Collector, dan Emitor dengan Emitor. Sementara pada kaki Basis masing-masing di beri Resistor 100 Ohm, dan juga kaki Emitor masing-masing di beri R kapur 0,5 Ohm/5 Watt, lihat gambar di bawah.

Contoh 1.
Menggabung Sanken - www.divaizz.com
Contoh 2.

Menggabung mosfet - www.divaizz.com

Pada gambar di atas merupakan contoh penggabungan Sanken jenis NPN dan untuk penggabungan Sanken jenis PNP juga sama sementara pada SP di hubungkan ke output driver power amplifier dan ke speaker. Demikian pembahasan tentang cara menggabung Sanken, Jengkol, dan Mosfet pada power amplifier semoga bisa menambah wawasan serta bisa bermanfaat.

1 komentar: